<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8325298895388836117\x26blogName\x3dThis+is+Me,+Aulia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://thisisme-aulia.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttps://thisisme-aulia.blogspot.com/\x26vt\x3d-8702275391120019890', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Home   Contact   Friends   Gifts


A weirdo lady.
Bali, Indonesia.

January 29, 2012, 10:44 PM
Mandi Buat Bumi


Assalamu'alaikum ★
Uda malem disini. Dan aku masih melek. Males tidur. Karena besok sekolah. Dan ga penting banget tau gak?!! Masak mau galungan dan kuningan masuk sekolah? WTH -_-
Sekarang, aku mau share sesuatu yang penting banget buat kamu kamu semua! Please pay your attention.

Benahi bumi harus dimulai dari kegiatan kecil sehari-hari. Salah satunya dengan bijak menggunakan kamar mandi. Soalnya, 45% penggunaan air bersih di Indonesia adalah buat mandi! Boros banget, kan?


• Setiap habis mandi, langsung jemur handuk hingga kering. Sehingga kita bisa mengganti handuk tiap dua minggu sampai 1 bulan sekali. Ini juga berlaku kalau kita menginap di hotel ya. Dengan mengurangi pergantian handuk, deterjen yang digunakan akan makin sedikit juga. Deterjen mengandung fosfat tinggi menjadi salah satu pemicu pertumbuhan alga dan plankton yang beracun bagi ikan.

• Jangan lupa matikan keran setiap habis mencuci tangan. Karena jumlah air bersih kini semakin sedikit dan diperkirakan tahun 2025 Indonesia bakal terkena krisis air bersih. Solusi lainnya, tampung air bekas cuci tangan di dalam gayung, lalu tuangkan ke dalam boks toilet sampai penuh. Jadi di saat kita harus mem-flush, nggak perlu mengambil dari air tanah lagi.

• Mandi pakai shower belum tentu lebih hemat daripada memakai gayung. Karena mandi dengan shower selama 5 menit menghabiskan air bersih minimal sebanyak 30 liter. Itu sama dengan mandi menggunakan 30 gayung. Jadi yang benar adalah, hemat air plus mengurangi lamanya waktu mandi.

• Matikan lampu kamar mandi setiap nggak dipakai. Begitu pula di pagi hari, di saat sinar matahari masih bisa menerangi kamar mandi. Hemat listrik di kamar mandi ternyata bisa juga kan?

• Buang sampah apa pun ke tempat sampah. Jangan sekali-kali membuang tissue apalagi pembalut ke dalam kloset. Tissue butuh beberapa hari untuk diurai, sedangkan pembalut butuh ratusan tahun. Sampah tersebut juga bisa menyumbat saluran pembuangan yang nantinya, bakal butuh air lebih banyak lagi untuk bisa mengusir mereka.

• Gunakan odol, shampoo atau sabun cair secukupnya. Misalnya oleskan odol sebanyak sepertiga sikat gigi sedangkan shampoo dan sabun cair sebanyak seperempat telapak tangan. Karena ketiga zat pembersih tersebut juga mengandung deterjen yang bisa mencemari air.

• Lupakan berendam kalau memang cinta bumi! Tahu nggak, air yang kita pakai buat berendam di bath tub itu menghabiskan 100 liter air bersih! Mulailah menampung air bekas mandi kita di dalam ember, tapi yang tidak tercemar air sabun ya. Gunakan air bekas tersebut untuk menyiram tanaman di halaman. Jika ada kebocoran, tampung dalam ember lalu langsung panggil tukang untuk membetulkannya.

Bubyee ~ ★

source : GADIS

Labels: , , ,







thank you

chapters
with love