<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8325298895388836117\x26blogName\x3dThis+is+Me,+Aulia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://thisisme-aulia.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttps://thisisme-aulia.blogspot.com/\x26vt\x3d-8702275391120019890', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Home   Contact   Friends   Gifts


A weirdo lady.
Bali, Indonesia.

September 6, 2011, 8:53 PM
Khasiat Tersembunyi Rumput Laut

Gadis Aksi

Kalau selama ini kita mengenal tumbuhan laut ini berguna untuk makanan atau kosmetik, tapi ternyata ada kegunaan lain lho. Fauna laut ini mempunyai nilai ekonomis bagi kita. Yaitu berpotensi untuk menjadi bahan bakar pengganti bensin atau bioetanol.

Peneliti asal Aberystwyth University, Wales telah membuktikan bahwa rumput laut berpotensi menjadi bahan bakar dimasa depan menggantikan bahan bakar fosil yang kemungkinan akan habis, melihat jumlah kendaraan yang terus meningkat. Teknologi untuk memproduksi bioetanol dari rumput laut ini bahkan telah diterapkan di Korea dan Vietnam. Hal yang membuat rumput laut bisa dijadikan energi adalah karena tumbuhan laut ini memiliki karbohidrat seperti selulosa, agar, karagenan, dan alginat yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bioetanol.

Selain itu, bahan bakar rumput laut ini ternyata juga memiliki kemampuan lebih yang tidak dimiliki oleh energi pengganti lainnya, yakni listrik tenaga angin yang merupakan sumber energi yang bisa disimpan dan digunakan saat hembusan angin menurun. Meskipun Indonesia merupakan Negara yang memproduksi rumput laut tertinggi, namun, penggunaan rumput laut sebagai bahan baku bioetanol memang harus terus diuji coba di Indonesia agar lebih efektif penggunaannya.

Sumber : GADIS

Labels: , , , , , , ,







thank you

chapters
with love